Resep Masakan Sate Kambing

 

resep sate kambing

Cara Memasak Sate Kambing Empuk

Resep masakan sate kambing - Kunci kesuksesan sate kambing yang enak adalah tekstur dagingnya yang empuk dan tak ada bau prengus. Beberapa orang membuat daging lebih empuk bisa dengan berbagai cara misalnya saja dengan bantuan nanas atau pun pemilihan daging kambingnya.

Jenis dari kambing yang digunakan juga berpengaruh terhadap keempukan sate. Daging kambing betina dengan usia antara 4-6 bulan. Biasanya daging kambing betina memiliki serat yang lebih halus. Kambing betina juga dagingnya lebih banyak kandungan lemak sehingga enak dibuat menjadi sate.

Cara membuat sate kambing empuk dan enak adalah salah satunya memperhatikan cara pemotongan daging. Untuk sate sebaiknya ambil daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam karena bagian ini biasanya memiliki tekstur yang lebih empuk.

Lihat alur serat daging dan iikuti arah serat ketika memotong daging. Buang urat atau lapisan tipis berwarna putih pada daging. Lemak atau gajih bisa dicampur agar rasa daging 
kambingnya lebih gurih.

Bahan-bahan Sate:

- 500 gram daging kambing, potong dadu
- 2 ruas jahe, memarkan
- 3 lembar daun jeruk, iris halus
- Kecap manis, secukupnya
- Minyak goreng, secukupnya

Bumbu halus:
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdt garam
- 10 butir bawang merah
- 2 biji asam jawa
- 2 sdm gula jawa
- 3 butir kemiri
- 5 siung bawang putih
- Penyedap rasa daging, secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan semua bumbu halus. Campur bumbu halus dengan 2 sdm kecap manis dan 2 sdm minyak goreng.

2. Tambahkan jahe dan daun jeruk ke dalam bumbu, aduk rata.

3. Tambahkan daging kambing ke dalam bumbu, aduk rata kemudian diamkan kira-kira selama 30 menit.

4. Tusukkan daging kambing ke tusuk sate yang telah disiapkan. Dalam satu tusuknya isi dengan 3 sampai 5 potong daging kambing.

5. Panaskan arang hingga membentuk bara, panggang sate hingga matang.

6. Agar bumbu meresap, di sela-sela membakar sate usahakan agar mengoleskan bumbu ke sate yang dibakar. Oleskan kecap manis juga untuk mendapatkan rasa yang makin nendang.

7. Panggang atau bakar sate hingga matang kemudian sajikan selagi masih panas.

8. Sajikan sate dengan sambal kecap, irisan kol dan tomat serta buah mentimun.


Langkah membuat Sate Empuk

1. Jangan Cuci Daging

Menurut beberapa penjual sate kambing, sebaiknya biarkan daging kambing tak dicuci sebelum diolah. Alasannya, proses pencucian daging ini dapat membuat daging teksturnya alot dan aromanya tak sedap sehingga merusak kualitas.

2. Tambahkan Nanas

Cara membuat sate kambing empuk dengan nanas juga bisa dilakukan. Nanas mengandung bahan alami yang dapat berfungsi sebagai pengempuk dan mengilangkan bau daging kambing.

3. Beri Bumbu

Agar daging kambing tidak berbau prengus bisa dicampurkan dengan bumbu aromatik. Bumbunya adalah daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut. Tak hanya bisa menutupi aroma prengus tetapi juga bisa menciptakan rasa yang gurih dan enak.

Ketika membakar sate, bisa juga diberi bumbu olesan. Racikan bumbunya yakni jahe, bawang putih, dan kecap.

4. Proses pemanggangan

Dalam satu tusuk sate, kamu bisa mengisinya dengan 3 potong daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ke dalam bumbu yang terdiri dari bumbu kacang, kecap, dan air kaldu.

Bakar daging dengan bara api sedang sampai setengah matang. Kemudian celupkan lagi ke dalam bumbu. Lanjutkan bakar sampai satenya matang ya.

5. Pelengkap Sate

Cara bikin sate kambing empuk dan enak salah satunya adalah dengan menambahkan pelengkap. Sate kambing biasanya disajikan dengan bumbu kecap. Cara membuatnya adalah dengan mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng, serta jeruk limau.

Selain itu, sate kambing juga bisa dicampurkan dengan bumbu kacang. Racikan bumbu sate kambing berupa bumbu kacang bisa kamu buat.

Racik bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling. Kemudian masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah dan garam. Bumbu kacang dapat dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau.

Sekarang lebih mudah pesan sate aqiqah siap saji tinggal makan, praktis, murah, dan higienis. Pesan saja di Aqiqah Cimahi Nurul Hayat.

Komentar